Tuesday, March 25, 2008

Premerital Test

Syamsul Bahri : Dokter Yth:
Saya seorang pria usia 29 tahun, sekarang saya sedang mempersiapkan pernikahan dengan gadis yang saya sayangi. yang ingin saya tanyakan kami diminta untuk melakukan imunisasi atau pemeriksaan kesehatan, apakah itu memang diperlukan dan gunanya untuk apa? serta imunisasi dan pemeriksaan tentang apa? ini saya tanyakan karna saya malu bertanya langsung.
terima kasih.



Redaksi : Saudara Syamsul Bahri Yth,
Pemeriksaan sebelum nikah (premerital test) yaitu pemeriksaan kesehatan secara lengkap yang meliputi pemeriksaan fisik,pemeriksaan laboratorium (darah dan urine), serta rontgen yang dilakukan sebelum menikah. Pemeriksaan kesehatan ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah calon pengantin menderita suatu penyakit. Bila calon pengantin menderita suatu penyakit maka bisa diobati terlebih dahulu, tapi bila kedua calon pengantin sama-sama menderita penyakit keturunan seperti hemofilia, leukemia (kanker darah) dll maka dikhawatirkan keturunan mereka akan menderita penyakit yang sama. Untuk memutus daur / lingkaran penyakit tersebut maka sebaiknya pernikahan tersebut dihindari. Memang pemeriksaan seperti ini masih belum terbiasa (tabu) bagi sebagian orang , tapi mengingat pentingnya kegunaan pemeriksaan ini maka sebaiknya anda dan pasangan melakukannya. Sedangkan Imunisasi yang biasa dilakukan sebelum nikah adalah imunisasi TT untuk mencegah terjadinya infeksi tetanus pada saat ibu hamil dan melahirkan. Terima Kasih. Redaksi.

No comments: